WILUJEUNG SUMPING

WILUJEUNG SUMPING KASADAYANA........ SEMOGA BERMANFAAT.. AMIN..

Rabu, 05 Januari 2011

sejarah peradaban islam


          Sejarah peradaban islam merupakan sesuatu yang sangat luar biasa apabila kita ceritakan. Di mulai dari nabi Mhammad dilahirkan samapai sekarang. Ketika nabi muhammad lahir yaitu pada tahun 570 M, mekkah adalah sebuah kota yang penting dan terkenal di antara kota-kota di negeri arab baik karena tradisinya maupun karena letaknya. Jazirah arab terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu bagian tengah dan bagian pesisir. Sebagian besar daerah jazirah adalah padang pasir sahara yang terletak di tengah dan memiliki keadaan dan sifat yang berbeda-beda. Nabi Muhammad adalah anggota bani hasyim suatu kabilah yang kurang berkuasa dalam suku quraisy. Nabi Muhammad lahir dari keluarga terhormat yang relatif miskin. Ayahnya bernama abdullah anak abdul muthalib, ibunya bernama aminah pada usia 6 tahun beliau menjadi yatim piatu seakan-akan allah ingin melaksanakan sendiri pendidikan Muhammad.     
         Dalam usia muda nabi muhammad hidup sebagai pengembala kambing dan sejak itu pula beliau di juluki al amin orang terpercaya. Kemudian pada usia 40 tahun  tepatnya pada tanggal 17 ramadhan 611 M beliau telah di pilih oleh allah sebagai nabi dan rosul. Semenjak itu rosulullah mulai berdakwah. Pertamaa-tama, beliau melakukannya secara diam-diam di lingkungan sendiri dan di kalangan rekan-rekannya setelah beberapa lama kemudian beliau berdakwah secara terbuka. Setelah berdakwah secara terang-terangan, para pemimpin quraisy mulai menghalangi dakwah rosul. bertambahnya jumlah pengikut nabi, semakin keras tantangan dilancarkan kaum quraisy. Segala cara yang di lancarkan kaum quraisy tetap saja tidak bisa menghalangi dakwah nabi. Hingga akhirnya kaum quraisy melakukan cara pemboikotan terhdapa bani hasyim. Tidak seorangpun diperkenankan untuk melakukan hubungan jual beli dengan bani hasyim, akibatnya mereka menderita kelaparan, kemiskinan dan kesengsaraan yang tak ada bandingannya. Pemboikotan itu terjadi pada tahun ke-7 kenabian berlangsung selama tiga tahun. Pemboikotan itu berhenti setelah para pemimpin quraisy merasa tindakan tersebut sangat keterlaluan. Setelah itu paman nabi abu thalib meninggal dunia, tiga hari berselang istri nabi khodijah meninggal dunia pula. Tahun ini merupakan tahun tersedih bagi nabi Muhammad SAW.
         Untuk menghibur nabi yang sedang berduka, allah mengisra’ dan mi’rajkan beliau pada tahun k-10 kenabian itu. Setelah kejadian tersebut suatu perkembangan besar bagi kemajuan dakwah islam muncul. Perkembangan datang dari sejumlah penduduk yastrib yang berhaji ke mekkah. Kaum quraisy semakin gila melancarkan intimidasi terhadap kaum muslimin. Hal ini membuat nabi segera memerintahkan para sahabatnya untuk berhijrah ke yastrib. Selang beberapa bulan kaum muslimin dan nabipun sudah berada di yastrib dan menjadi pemimpin kota tersebut nama kotanyapun di ganti dengan madinah munawarah (kota bercahaya.dalam rangka memperkokoh dan negara baru itu, nabi segera meletakan dasar-dasar kehidupan bermasyarakat . dasar pertama yaitu pembangunan sebuah mesjid. Dasar yang kedua yaitu ukhuwwah islamiyyah persaudaraan sesama muslim. Dasar ketiga, hubungan persahabatan dengan pihak-pihak lain yang tidak beragama islam. Dengan terbentuknya negara madinah, islam makin bertambah kuat. Untuk itu nabi sebagai kepala pemerintahan mengatur siasat dan membentuk pasukan tentara untuk membela diri dan keselamatan agama islam.
         Perang pertama yang sangat menentukan masa depan negara islam adalah perang badar, perang antar kaum muslimin dengan musyrik quraisy pada tanggal 8 ramadhan tahun ke 2 hijrah. Pasukan nabi berjumlah 350 sedangkan pasukan quraisy berjumlah 1000 orang tapi pada akhirnya kaum muslimin menjadi pemenang.
Pada tahun ke-6 H, nabi memimpin sekitar seribu kaum muslimin berangkat ke mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Penduduk mekkah tidak mengizinkan mereka masuk kota hingga akhirnya terjadilah perjanjian hudaibiyah. Perjanjian tersebut merupakan kemenangan diplomatik yang besar bagi umat islam. Selama 2 tahun perjanjian berlangsung dakwah islam sudah menjangkau  seluruh jazirah arab dan mendapat tanggapan positif. Hampir seluruh jazirah arab, termasuk suku-suku paling selatan menggabngkan diri dengan islam. Hal ini membuat orang-orang mekkah merasa terpojok. Melihat kenyataan ini rosulullah segera bertolak ke mekkah dengan sepuluh ribu orang tentara untuk melawan mereka tidak ada perlawan yang berarti sehingga selruh berhala yang berada di mekkah dihancurkan. Setelah itu nabi berkhotbah menjanjikan ampunan tuhan terhadap kaum quraisy. Sesudah khotbah disampaikan mereka berbondong-bondong memeluk agama islam hingga akhirnya mekkah berada di bawah kekusaan islam.
          Dalam kesempatan menunaikan ibadah haji yang terakhir , haji wada tahun 10 H (631 M). nabi muhammad menyampaikan kothbahnya yang bersejarah. Bila di simpulkan isinya sebagai berikut: kemanusian, persamaan, keadilan, sosial, keadilan ekonomi, kebijakan, dan solodaritas. Dua bulan setelah itu nabi menderita sakit demam. Tenaganya dengan cepat berkurang. Pada hari senin tanggal 12 rabi’ul awal 11 H/  8 juni 632 M, nabi Muhammad SAW wafat dirumah istrinya aisyah. Setelah itu kaum muslimin merindungkan siapa pemimpin mereka selanjutnya. Dengan semangat ukhuwwah islamiyyah yang tinggi abu bakarlah yang terpilih beliau melanjutkan tugas-tugas sebagai pemimpin dan kepala pemerintahan. Abu bakar menjadi khalifah hanya dua tahun saja pada tahun ke 634 M ia meninggal dunia. Setelah itu digantikan oleh umar bin ka’ab selama kepemimpinannya daerah kekuasaan islam sampai ke mesir. Masa pemerintahnnya selama 10 tahun masa jabatannya berakhir dengan kematian dibunuh oleh seorang budak persia. Kepemimpinan islam dilanjutkan oleh ustman bin affan yang berlangsung selama 12 tahun.  Setelah ustman wafat masyarakat islam beramai-ramai membaiat ali bin abi tholib sebagai khalifah. Kedudukan ali di gantikan oleh anaknya hasan. Tapi hasan yang lemah melakukan perjanjian damai dengan mu’awiyah hingga umat islam bersatu kembali dalam satu kepemimpinan politik. Memasuki masa kekuasaan muawiyah menjadi awal kekuasaan bani umayyah, pemerintahan yang bersifat demokratis menjadi monarchiheridetis (kerajaan turun temurun). Kekhalifahan muawiyah diperoleh melalui kekerasan, diplomasi  dan tipu daya.  Kekuasaan bani umayyah berumur 90 tahun ibu kota negara dipindahkan ke damaskus. Kemudian digantikan oleh dinasti abbas kekuasaannya berlangsung sangat panjang dari thun 132 H – 656 H. pada masa ini terbagi pada 5 periode. Pada periode pertama mencapai puncak keemasannya  secara politis sekaligus kemakmuran masyarakat mencapai puncak tertinggi.
          Setelah berakhirnya periode kelasik islam, ketika islam mulai memasuki masa kemunduran. Eropa bangkit dari keterbelakangannya. Kebangkitan itu bukan saja terlihat dalam bidang politik dengan keberhasilan eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan islam dan bagian dunia lainnya, tetapi  terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi itulah yng mendukung keberhasilan politiknya. Kemajuan-kemajuan eropa ini tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan islam di sepanyol. Dari islam spanyol banyak menimba ilmu. Dan pada saat itu juga orang eropa kristen banyak bealajar di perguruan-perguruan tinggi islam di sana. Islam menjadi guru bagi orang eropa. Kemajuan peradaban yang kurang lebih selama tujuh abad terutama kemajuan dalam bidang intelektual yaitu filsafat, sains, fiqih, musik dan kesenian, bahasa dan sastra. Kemegahan pembangunan fisik antaralain cordova dan granada. Penyebab kemunduran dan kehancuran islam di spanyol yaitu konflik islam dengan kristen, tidak adnya ideologi pemersatu, kesulitan ekonomi, tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan, dan keterpencilan.
         Jatuhnya kota baghdad pada tahun 1258 ke tangan bangsa mongol bukan saja mengakhiri khilafah albasyiah tetapi juga merupakan awal dari masa kemunduran politik dan peradaban islam, karena baghdad sebagai pusat kebudayaan dan peradaban islam yang sangat kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan itu ikut pula lenyap dibumihanguskan pleh pasukan mongol yang dipimpin oleh hulagu khan. Ada satu negeri yang selamat dari kehancuran akibat bangsa-bangsa mongol yaitu mesir, maka tersambunglah perkembangan peradaban masa klasik walaupun masih dibawah prestasi yang pernah dicapai oleh dinasti ini.
         Setelah khalifah abbasiyah di baghdad runtuh kekuatan politik islam mengalami kemunduran secara drastis. Wilayahnya tercabik-cabik dalam beberapa kerajaan kecil yang satu sama lain saling memerangi. Keadaan politik islam secara keseluruhan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar yaitu: ustmani di turki, mughal di india dan safawi di persia. Kerajaan ustmani yang pertama berdiri, juga yang terbesar dan paling lama bertahan dibanding kerajaan lainnya. Kemudian ketiga kerajaan tersebut mengalami kemunduran dan berakhir dengan faktor-faktor yang berbeda. Bersamaan dengan itu eropa barat biasa disebut barat saja sedang mengalami kemajuan dengan pesat. Hal ini berbanding terbalik dengan masa klasik sejarah islam. Gerakan-gerakan renaisans melahirkan perubahan-perubahan besar dala sejarah dunia. Abad ke-16 dan 17 merupakan abad yang paling penting bagi eropa, sementara pada akhir abad ke-17 itu pula, dunia islam mnegalami kemunduran.
           Periode modern dalam sejarah islam bermula dari tahun 1800 M dan berlangsung samapai sekarang. Di awal periode ini kondisi dunia islam secara politis berada d ibawah penetrasi kolonialisme. Baru pada pertengahan abad ke-20 M, dunia islam bangkit memerdekakan negerinya dari penjajah barat. Periode ini memang merupakan zaman kebangkitan kembali islam, setelah mengalami kemunduran di periode pertengahan. Pada periode ini mulai bermunculan pemikiran pembaharuan dalam islam. Gerakan pembaharuan ini paling tidak muncul karena dua hal. Pertama, timbulnya kesadaran dikalangan ulama bahwa banyak ajaran-ajaran asing yang masuk dan diterima sebagai ajaran islam. Kedua, pada periode ini barat mendominasi dunia dibidang politik dan peradaban.
          Munculnya gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partai-partai politik merupakan modal utama umat islam dalam perjuanannya untuk mewujudkan negara merdeka yang bebas dari pengaruh politik barat. Negara berpenduduk mayoritas muslim yang pertama kali berhasil memproklamasikan kemerdekaannya adalah indonesia yaitu pada tanggal 17 agustus tahun 1945 disusul dengan pakistan dan banyak lagi. Namun, sampai saat ini masih ada umat islam yang berharap mendapatkan otonomi sendiri, atau paling tidak menjadi penguasa atas masyrakat mereka sendiri.
          Sejak zaman prasejarah, penduduk kepulauan indonesia dikenal sebagai pelayar-pelayar  yang sanggup mengarungi lautan lepas. Sejak awal abad masehi sudah ada rute-rute pelayaran dan perdagangan antara kepulauan indonesia dengan berbagai daerah di asia tenggara. Wilayah barat nusantara dan sekitar malaka merupakan pusat perhatian, terutama karena hasil bumi yang dijual disana menarik bagi para pedagang dan menjadi daerah lintasan penting antara cina dan india. Pedagang-pedagang muslim asal arab, persia dan india juga ada yang sampai ke kepulauan indonesia untuk berdagang sejak abad ke-7 M ketika islam pertama kali berkembang di timur tengah. Baru pada zaman-zaman berikutnya penduduk kepulauan ini masuk islam, bermula dari penduduk pribumi di koloni-koloni pedagang muslim itu sendiri. Menjelang abad ke-13 M, masyarakat muslim sudah ada di samudra pasai, perlak, dan palembang di sumatra.di jawa, makam fatimah binti maimun di leran (gresik) dan makam islam di tralya merupakan bukti berkembangnya komunitas islam, termasuk di pusat kekuasaan hindu-jawa ketika itu.
Kedatangan islam dan penyebarannya kepada golongan bangsawan dan rakyat umumnya di lakukakn secara damai. Apabila situasi politik kerajaan mengalami kekacauan dan kelemahan di situlah umat islam masuk. Mereka berhubungan dengan pedagang-pedagang muslim yang posisi ekonominy kuat. Apabila kerajaan islam sudah berdiri, penguasanya melancarkan perang terhadap kerajaan non islam. begitulah cara islam masuk  hingga sampai saat ini di Indonesia masih tetap mayoritas umat islam.

1 komentar: