WILUJEUNG SUMPING

WILUJEUNG SUMPING KASADAYANA........ SEMOGA BERMANFAAT.. AMIN..

Jumat, 07 Januari 2011

jelajah arsitektur modern objek the atheneum


JELAJAH ARSITEKTUR MODERN
atheneum
Untuk memenuhi tugas mata kuliah arsitektur modern

Dosen pengampu : pudji wismantara, M.T
 


 Di Buat Oleh :
Nurdin Rismansyah
09660042


















 




TEKNIK ARSITEKTUR
 UNIVERSITAS NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG






 
            Arsitektur adalah bagian dari kebudayaan manusia, berkaitan dengan berbagai segi kehidupan antara lain: seni, teknik, ruang / tata ruang, geografi, sejarah. Oleh karena itu ada beberapa batasan dan pengertian tentang arsitektur, tergantung dari segi mana memandang. Dari segi seni, arsitektur adalah seni bangunan termasukproses perancangan , konstruksi, struktur, dan dalam hal ini juga menyangkut aspek dekorasi dan keindahan. Dipandang dari segi ruang arsitektur adalah pemenuhan kebutuhan ruang oleh manusia atau sekelompok manusia untuk melaksanakan aktivitas tertentu. Dari segi sejarah, kebudayaan dan geografi, arsitektur adalah ungkapan fisik dan peninggalan budaya dari suatu masyarakat dalam batasan tempat dan waktu tertentu.
            Arsitektur adalah sebuah karya yang tidak monoton. Dari tahun ke tahun selalu terjadi perubahan gaya bentuk maupun mateerialnya. Arsitektur juga sangat dipengaruhi oleh teknologi, semakin maju sebuah teknologi karya arsitektur juga akan semakin maju dan berkembang dengan seiringnya zaman. Arsitektur modern merupakan perkembangan dari klasik barat, berubah secara revolusioner sejalan dengan terjadinya perubahan besar-besaran dalam pola hidup dan pola piker. Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa arsitektur berkembang dari masa ke masa dalam kurun waktu sejak manusia pertama hingga sekarang di seluruh nuka bumi luas tak terbatas.
            Arsitektur adalah hasil dari interaksi antara manusia dan alam , dalam hal ini termasuk letak, iklim, topografi dan factor lingkungan lainnya. Oleh karena itu dalam mempelajari gaya arsitekturnya , dibagi ke dalam periode, tempat, siapa atau masyarakat mana yang membangun. Meskipun terjadi pencampuran-pencampuran dan saling mempengaruhi terutama dalam jaman modern, tetapi dari segi sejarah perkembangan asal usul arsitektur di luar yang premitif, secara garis besar dapat disederhanakan dalam dua kelompok, yaitu barat dan timur. Pengelompokan untuk mempermudah dalam mempelajari perkembangan arsitektur ini, adalah beralasan dan mendasar, karena tedapat perbedaan secara principiil dalam budaya, pola piker dan pola hidup antara keduanya. Hal ini tercermin dalam ciri global di barat berkembang dalam arsitektur klasik kemudian modern dan di timur berkembang dalam cirri tradisional. Dalam uraian ini akan di bahas bangunan arsitektur modern saja. Yaitu tahun 60-70an merupakan arsitektur modern akhir abad ke XX.






ARSITEKTUR MODERN AKHIR ADAB KE XX
           Pada awal abad ke XX, terjadi perubahan revolusioner, cepat mendasar dan total dalam arsitektur dari klasik dan elektik menjadi modern. Gejala ini terjadi selain karena kejenuhan terhadap bentuk, teori dan kaidah-kaidah tentang seni dan arsitektur yang sudah berkembang ratusan bahkan ribuan tahun sebelumnya. Juga karena terjadi perubahan dalam pola piker, pola hidup dan budaya masyarakat.
          Perubahan juga terjadi dalam dinamika penduduk, jumlahnya berlipat ganda  yang semuanya menuntut penyedian fasilitas modern, praktis, ekonomis, cepat di bangun makin dituntut pada masa sesudah perang dunia, karena banyaknya penduduk yang kehilangan tempat tinggal.
         Pada masa itu timbul aliran seni, budaya dan arsitektur fungsionalisme, cuism, rasionalism, dan juga sering disebut purism, karena mempertahankan kemurnian, mentabukan dekorasi yang tidak fungsional. Setelah seni dan arsitektur ‘art noveau , kemudian berkembang aliran murni abstrak total di plopori ktukelompok de stijl. Konsep keindahan semacam ini tidak hanya diterapkan dalam arsitektur bangunan pencakar langit saja akan tetapi diterapkan juga pada banguna rumah-rumah tempat tinggal. Arsitek tur modern berkembang secara cepat sekali dalam bentuk dan aliran yang sangat kompleks, tidak dapat dikelompokan dalam periode waktu dan tempat  seperti pada masa klasik dan tradisional. Perkembangan arsitektur  keudian tidak dapat di analisis, dikelompokkan menurut aliran-aliran dari masing-masing arsitek terkemuka, karena karyanya juga mengalami perkembangan dan perubahan bentuk dan konsep. Kadang-kadang dalam mengelompokan bentuk aliran baru satu pengamat perkembangan arsitektur berbeda pendapat dengan lainnya, karena kompleksnya bentuk-bentuk arsitektur baru yang muncul.dengan jaman post modern terjadi perkembangan arsitektur cukup kompleks, sukar untuk dikategorikan dalam aliran tertentu termasuk tidak dapat dikategorikan dalam post modernism atau lainnya. Dalam banguna  ini terjadi pula pengulangan atau penerapan dan penggabungan konsep-konsep modernism sebelumnya, namun dalam bentuk berbeda.
 



ATHENEUM
sejarah
          Sejak didirikan (1814), New Harmony selalu menjadi komunitas menghasilkan ide-ide jauh di muka waktu mereka. Terkenal dengan restorasi yang bangunan bersejarah, sejarah kota inovasi dan perubahan tercermin melalui arsitektur, yang mencakup berbagai periode dan gaya. Dengan demikian Atheneum dapat dilihat sebagai bagian akhir abad ke-20 dari sebuah proses evolusi.
         The Atheneum dirancang oleh arsitek terkenal secara internasional Richard Meier. Dia dilihat sebagai titik kedatangan dan berorientasi ke arah tepi sungai dari Wabash, melambangkan awal New Harmony, sebagai baik Harmony Society dan anggota Owen-Maclure masyarakat datang ke daerah dengan perahu. Untuk menekankan fungsinya sebagai bangunan publik semua spasi yang tidak selalu tertutup, seperti teater, terlihat. Dinding kaca menambah rasa keterbukaan. Jendela besar digunakan untuk membingkai pemandangan kota yang dipilih, yang berkaitan dengan informasi yang diberikan kepada pengunjung. Dalam struktur formal yang dimiliki oleh Atheneum        ingat karya arsitek Perancis tahun 1920 Le Corbusier (1887-1965) dari sekolah "Gaya Internasional", dengan menggunakan nya landai, kaca dinding, kolom dan garis melengkung anggun. Meier diperluas dan dimanipulasi kosakata arsitektur Modernisme dan berkembang dari itu gaya yang sangat pribadi. Pesawat, kolom, dan proyeksi dirakit dalam suatu pengaturan yang kompleks. Seperti dalam karya-karya sebelumnya, porselen persegi baja yang didukung putih panel mantel bagian luar dalam pola grid seperti.
         Berasal dari New Jersey, Richard Meier memperoleh ketenaran pada akhir tahun 1960 dengan serangkaian asli rumah-rumah pribadi putih-on-putih, yang keren, bentuk planar-kubus-suka. Ketika ia pindah ke proyek-proyek publik yang lebih besar ia mulai untuk bangunan dengan logam, panel porselen berlapis baja, yang memberi mereka perak, kencang berkilauan dan kulit putih. Meier proyek dari periode ini meliputi Bronx Pusat Pengembangan dan Seminari Hartford. Pada tahun 1982 garis mebel dihasilkan dari desain nya. Pada tahun 1983 desain memberikan formulir ini untuk Seni Tinggi baru Museum di Atlanta. Hal ini mirip dengan Atheneum dalam penggunaan panel porselen putih dan seri dari landai.
         Nama Atheneum berasal dari Athenaion Yunani, yang merupakan kuil di Athena didedikasikan untuk Athena, dewi kebijaksanaan dan seni. Candi ini merupakan tempat belajar di mana filsafat yang diajarkan.

pembahasan
        Rancangan dari Richard meier yang memperlihatkan konsistensinya pada                                      penerapan konsep-konsep le corbuser adalah “athenaeum” di new harmony, Indiana, amerika serikat  (1975-9) gedung ini didirikan oleh komisi Robert owen seorang tokoh reformasi social, untuk gedung komunal baru.
        Letaknya di pinggiran kota pada sebuah perbukitan tidak tinggi, di tepi sungai, sehingga dapat di capai dengan kapal melalui sungai yang menghubungkan athenaeum dengan kota. Kontras bangunan putih di tengah bangunan luas terbuka dengan latar belakang hijau pepohonan, meskipun dalam bentuk lain identik dengan douglas house.
        Dari sungai terdapat ramp cukup panjang dengan kemiringan 5 derajad, lagnsung ke lantai dua dimana terdapat teater. Salah satu dari cirri banguanan le corbuser adalah adanya ramp semacam ini. System grid tidak hanya diekspos pada lantai dengan garis kotak-kotak bujur sangkar pada pelataran, tetapi juga pada dinding.
        Elemen-elemen dan bentuk keseluruhan bangunan tersebut secara tiga dimensional terpadu membuat bangunan ini menjadi sculptural. Ruang-ruang utama yang terdiri pameran, film teathre, lounge, ruang orientasi, dikelilingi oleh ramp, koridor dam system sirkulasi lainnya.
        Dari ruang pameran di lantai dua, pengunjung dapat melihat keluar melalui celah dari jendela dalam, kea rah halaman luas terbuka. Dari teras atapnya yang datar kita dapat menikmati pemandangan cukup mempesona dari lembah, sungai dan hutan. Teras ini identik dengan solarium yang selalu ada dalam bangunan le Corbusier.
Denah lantai dasar berbentuk segi empat dengan penambahan-penambah  unsur geometri lainnya misalkan segitiga lengkungan-lengkungan dan lain sebagainya sehingga sangat mencerminkan arsitektur modern yang kebanyakan berbentuk kotak.






Potongan  ruangan atheneum
persfpektif eksterior


         Atheneum dibangun di dataran hijau, artifisial mengangkat untuk mencegah banjir oleh Wabash, tingkat yang bervariasi dari tahun ke tahun.
         Volume putih kota mencolok dengan hijau sekitarnya dan posisinya mengangkat membuat tampak bangunan seperti pembuatan desain halus mengambang di atas air sungai.
         Proyek ini disusun sebagai bagian dari berjalan arsitektonis memperkenalkan pengunjung ke Harmony New bersejarah.
         Sejumlah rute berangkat dari Atheneum untuk memandu pengunjung dalam penemuan kota dan wilayah sekitarnya, bangunan itu adalah titik awal dalam rencana untuk pemulihan mempengaruhi kota dan daerah terpencil, membuat jalan-jalan yang menghubungkan berbagai titik. The Atheneum membentuk link simbolik dan fisik antara sungai dan tanah, antara New Harmony dan dunia.
          Arsitekturnya ditandai dengan pesawat kaku dan sudut ketat kontras dengan dinding melengkung, landai banyak dan menambah tangga gerak untuk keseluruhan, menciptakan ruang terbuka yang bergantian dengan kelangsungan kelancaran dinding tercakup dalam panel dienamel putih. link vertikal menyebabkan sejumlah sudut pandang di teras pada tingkat yang berbeda.
          Di dalam bangunan adalah auditorium besar dan sebuah ruang pameran, di samping berbagai fasilitas; warna suram bahkan di dalam, dengan dinding putih, lantai kayu dan karpet abu-abu gelap.
         Bangunan ini merupakan daya tarik utama menambah nilai dengan daerah; arsitektur Meier menonjol karena kemurnian dan modernitas, membentuk hubungan yang kuat dengan lingkungannya.
        Hubungan antara bukaan banyak dan dinding terus menerus menciptakan permainan yang menyenangkan kontras, dan diferensiasi, ekstrem halus semua rincian menghasilkan suatu varietas yang luar biasa di setiap pandangan mungkin, mengundang pengunjung untuk mencoba melihat dari sudut yang berbeda.
        Kurva dari gema barat depan tikungan di sungai terdekat, seperti di Pusat Getty (dua dekade kemudian) orientasi bangunan mengikuti kurva dari jalan bebas hambatan Los Angeles dan Samudra Pasifik di dekatnya.
 
Ruangan ruangan pada bangunan ini di buat gelap dengan pengcahayaan dari lampu. Sehingga apabila pada siang hari ruangnnya akan terasa gelap.

 


Gambar-gambar interior
                                                                          GAYA ARSITEKTUR
         Gaya post modern-scuulptural cukup menonjol dalam perkembangan arsitektur pada tahun 70an. Selain rancangan-rancangan grave house III untuk Robert miller, Lakeville, conecticut (1971) rancangan Robert miller, juga dalam bentuk ini. Disini sangat jelas penerapan perinsipnya. Bangunan athenaeum di mulai dari bentuk geometris sederhana yaitu bujur sangkar, disusun menjadi horizontal 3 x 3 kotak bujur sangkar, vertical 2x3 menjadi sebuah balok. Balok ini di potong secara tiga diagonal oleh empat bidang. Garis-garis potongan antara bidang-bidang blok dengan keempat bidang memotong diagonal tersebut, menjadi dasar perletakan kolom, balok, bidang dan lantai, termasuk atapnya yang datar.
         Bidang-bidang dan bagian konstruksi dan struktur, terletak pada pola tersebut, sehingga berbentuk komposisi yang geometris, silang diagonal, terdiri dari dinding, jendela dan pintu yang semuanya utuh bagian dari pola tersebut, membentuk sebuah sculpture. Bukaan, jendela dan pintu menjadi bidang-bidang yang kontras dengan balok, kolom, lantai, pada siang hari memberikan warna gelap, pada malam hari terang oleh lampu dari dalam.
Gedung ini memiliki 5 lantai denah dasarnya segi empat namun disisi barat terdapat bidang yang penampangannya kombinasi lengkung-lengkung . disudut timur selatan terdapat konstruksi tangga denahnya bujur sangkar yang posisinya menyilang diagonal.
              Gaya bangunan athenaeum merupakan bangunan bergaya modern dilihat dari bentuk bangunan yang sederhan tidak terlalu banyak ornamen-ornamen yang menghiasi bangunan bahkan ditiadakan. Walaupun ada ornamrn-ornamen tetapi tidak berfungsi sebagai penghias saja akan tetapi memilki fungsi lain. Ranvangan berupa rumah tinggal sebagian besar berupa komposisi bidang , garis vertical dan horizontal. Penggunaan warna pada komposisi tersebut cukup dominan, mendapat inpirasi dari bangunan le corbuser dan para arsitek dar kelompok de style. Semua iu membentuk menjadi sebuah sculptural.
          The Atheneum berfungsi sebagai pusat orientasi pengunjung untuk New Harmony dan daerah. Hal ini juga digunakan untuk acara-acara komunitas dan program. Semua wisata mulai di sini dengan orientasi gratis di Meja Restoran. Brosur dan peta kota dan wilayah yang tersedia bagi pengunjung dan tiket untuk wisata situs bersejarah dapat dibeli di sini. Dipandu wisata dimulai dengan orientasi film tentang sejarah Harmony Baru dan tur ke Atheneum dan pameran tersebut. Film 17 menit, "The New Harmony Pengalaman," ditampilkan di auditorium 200 kursi di layar yang dirancang khusus. Sebuah perusahaan menghabiskan dua tahun menyelesaikan film, termasuk partisipasi penduduk kota setempat.
         Galeri I (tingkat masuk) rumah-rumah bersejarah New Harmony Museum Shop. Hal ini juga berisi Desk Tiket, toilet, dan model Gereja Brick Harmonist diciptakan oleh miniaturis lokal Jim Ison di 1 / 32 skala (3 / 8 inch = 1 kaki). Model, terbuat dari polimer resin cast, ditugaskan oleh Harmonie Associates dan disumbangkan kepada Historic New Harmony.
         Desain gema Galeri II kurva sungai, yang dapat dilihat dari jendela. Pameran dalam kesepakatan II Galeri dengan beberapa orang penting dan kegiatan di sini di New Harmony selama era Owen-Maclure, seperti William Maclure, Gerard Troost, Johann Pestalozzi, Yusuf Neef, Marie Fretageot, Phiquepal d'Arusmont, Charles-Alexander Lesueur, Thomas dan Lucy Ucapkan dan Frances Wright. Sebuah potret Robert Owen juga disertakan.
         Galeri III berisi model kota New Harmony pada tahun 1824. Hal ini dibuat dalam 1 "untuk skala 10 'oleh Lester Associates, Inc New York City. Model yang dibangun selama proses pembuatan film.
        Galeri IV (tidak terbuka untuk umum) adalah ruang konferensi yang berisi mebel yang dirancang oleh Richard Meier.
        Patung di depan Atheneum, "Quest for Harmony" oleh Tim Fitzgerald, dipasang pada tahun 1990 sebagai hadiah dari Paul Arnold. Juga berfungsi sebagai sculptur.

Mengenal Sedikit Tentang Perancang                        
    Richard Alan Meier lahir pada tahun 1934 di Newark New Jersey. Dua puluh lima tahun kemudian - setelah lulus dari Universitas Cornell Sekolah Arsitektur, dan setelah Cornell, sebentar bekerja untuk SOM - Meier memutuskan bahwa mentor terbaik yang secara pribadi dapat memilih adalah arsitek kelahiran Swiss, Charles-Edouard Jeanneret. Tentu saja, kebanyakan dari kita tahu Jeanneret dengan nama dia menyerahkan diri - spin 'Le Corbusier' pada nama kakeknya yang menyerupai ini kata Perancis untuk Raven.
    Untuk memenuhi orang besar, Meier akan perlu melakukan perjalanan ke Paris. Sesampai di sana, ia bermaksud untuk meminta Le Corbusier apakah ia bisa menjadi magang. Dan oh, omong-omong, dia akan membuat permintaan ini dengan tawaran terpasang bahwa ia percaya bahwa Le Corbusier tidak bisa menolak - ia akan bekerja secara gratis.
   Meier sengaja tidak mengirimkan apapun correspomdence tertulis maupun memberikan telepon panggilan di muka. Dia hanya datang ke Paris untuk melihat Le Corbusier tanpa pemberitahuan, dengan semua kekuatan imbauan langsung. Tapi begitu ia mengidentifikasi dirinya sebagai seorang Amerika. Le Corbusier ringkasnya mengatakan bahwa ia Meier, Le Corbu besar ', tidak mau berurusan dengan dia, dan bahwa Meier harus mengejar kerajinan dengan orang lain selain dirinya sendiri, sebaiknya jauh dari Paris.


Rhicard Alan Meier
KRITIK ARSITEKTUR
      Strategi arsitektur: modernisasi arsitektur barat
      Menolak penyeragaman nilai & wujud modern
      Memadukan modernitas universal & perkembangan teknologi
      Orientasi nilai arsitektural:
     Logika (betul-salah)
     Estetika (indah-buruk)
     Etika (benar-keliru)
      Akomodasi fungsi-fungsi bangunan baru, skala aktivitas baru, metoda produksi baru
      Parameter: kesesuaian sistem struktur dan konstruksi setempat dengan nilai rasional-fungsional modernisme













DAFTAR PUSTAKA

Sumalyo Yulianto,2005: Arsitektur Modern  Edisi Ke 2.Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Power Point, Arsitektur Modern Akhir, Pudji P. Wismantara, 2010.
Power Point, Membaca Arsitektur Modern, Pudji P. Wismantara, 2010.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar